Share

Ada Isu Jakarta Jadi Ibu Kota Berakhir di 2020, Ini Kata Mendagri

Taufik Fajar, Okezone · Senin 10 Februari 2020 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 470 2166347 ada-isu-jakarta-jadi-ibu-kota-berakhir-di-2020-ini-kata-mendagri-MgtvGLuebc.jpg Mendagri Tito Karnavian (Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan penjelasan terkait status DKI Jakarta sebagai ibu kota yang diisukan akan berakhir pada Juni 2020.

Menurut dia, tahun 2020 ini tidak benar apabila ibu kota akan pindah ke Kalimantan Timur dari DKI Jakarta. Sebab, pemindahan status baru terjadi jika bangunan fisiknya sudah ada.

 Baca juga: Badan Otoritas Ibu Kota Baru Segera Dibentuk, Siapa Pemimpinnya?

"Jadi, tidak benar Juni 2020 ke tempat baru dan IKN akan siap pindah secara fisik dan regulasi. Kalau itu sudah siap, baru DKI berubah jadi yang lain," ujar dia di Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (10/2/2020).

Dia menjelaskan status DKI Jakarta akan menjadi pusat bisnis, apabila pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah selesai.

 Baca juga: Ke Australia, Presiden Jokowi Akan Jadikan Canberra Inspirasi Pembangunan Ibu Kota Baru

"Maka itu tak akan ada IKN kedua, pindah ke Kaltim dan DKI harus jadi lain," ungkap dia.

Dia menambahkan, mengenai pembuatan undang-undang (UU) Ibu Kota Negara (IKN), regulasinya itu sudah masuk dalam Prolegnas 2020-2024.

 Baca juga: Sri Mulyani Tanya Usul Pembangunan Ibu Kota Baru, Netizen Malah Curhat Harga Bawang Putih Mahal

"Dampaknya IKN di DKI saat ini tentu akan tidak menjadi ibu kota. Pilihannya jadi pusat ekonomi bisnis dan industri," pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Jakartadari Fraksi Partai Gerindra M Taufik menyebut nasib DKI Jakarta sebagai ibu kota negara akan segera selesai. Di mana optimistis revisi undang-undang (UU) yang mengubah status ibu kota Jakarta akan selesai Juni 2020 mendatang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini