nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badan Otoritas Ibu Kota Baru Segera Dibentuk, Siapa Pemimpinnya?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 470 2166085 badan-otoritas-ibu-kota-baru-segera-dibentuk-siapa-kepalanya-TMjtkFdT33.jpg Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, saat ini sedang dilakukan seleksi terhadap calon-calon yang akan menjadi kepala Badan Otoritas Ibu Kota Baru. Penetapan kepala akan diumumkan berbarengan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) badan otoritas tersebut.

Persiapan pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota Baru sudah sampai di tahap akhir. Di mana dengan terbitnya Perpres diharapkan badan siap bekerja merealisasikan pemindahan ibu kota negara.

Baca Juga: Pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota Baru Masuk Tahap Finalisasi

"Iya sekaligus (Perpres keluar ada ketuanya)," ucapnya, saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Meskipun begitu, Suharso enggan menyebutkan siapa saja calon kepala yang akan ditunjuk sebagai Badan Otoritas ini. Namun yang jelas, nantinya calon ketua ini bisa diambil dari mana saja asalkan memiliki kapabilitas dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya.

"Oh itu nanti lah. Jangan (disebutin sekarang calon Kepala Ibu Kota Baru)," ucapnya.

Baca Juga: Ke Australia, Presiden Jokowi Akan Jadikan Canberra Inspirasi Pembangunan Ibu Kota Baru

Selain badan otoritas ini, pemerintah juga menyiapkan tim khusus pemindahan ibu kota baru. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dan Menparekraf, Wishnutama Kusubandio sepakat bentuk tim untuk memfinalisasi masalah penyiapan ibu kota baru.

"Nah ketuanya kami minta pak Menteri Bappenas. Jadi nanti kami semua lapor ke dia. Nah hari Rabu pekan depan, beliau akan laporan ke kami. Dari situ baru nanti kita lapor ke Presiden Jokowi," ujar dia.

Dia menuturkan tugas tim ini untuk memfinalisasi semua. Di mana telah diketahui data sudah banyak.

"Maka itu jangan terlalu banyak sumber. Biar satu sumber saja. Nah Menteri Bappenas nanti yang mengkompilasi semua dari pak Airlangga, dari saya kasih representasi kita yang sudah kerja selama ini dalam tim tadi," ungkap dia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini