nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota Baru Masuk Tahap Finalisasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 13:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 470 2166074 pembentukan-badan-otoritas-ibu-kota-baru-masuk-tahap-finalisasi-CLV92Rf9aN.jpg Salah Satu Desai Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pemerintah tengah memfinalisasi pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota baru. Wacana ini sebagai salah satu langkah dalam proses pemindahan ibu kota yang akan dilakukan pada 2024.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, persiapan untuk pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota baru sudah sampai di tahap akhir. Pembentukan Badan Otoritas ini akan ditandai dengan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Ke Australia, Presiden Jokowi Akan Jadikan Canberra Inspirasi Pembangunan Ibu Kota Baru

"Sedang tahap finalisasi. Kalau badan ini badan otoritas ibu kota ini terbentuk sekaligus orangnya memimpin itu sudah ada," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Baca Juga: Ke Australia, Presiden Jokowi Akan Diskusi soal Ibu Kota Baru

Menurut Suharso, sebelum dikeluarkannya Perpres, pemerintah akan menseleksi terlebih dahulu calon-calon yang akan menjadi kepala Badan Otoritas Ibu Kota Baru ini. Sebab, dengan dikeluarkannya Perpres ini diharapkan Badan ini sudah siap bekerja yang artinya sudah harus memiliki pimpinan.

"Iya sekaligus (Perpres keluar ada ketuanya)," ucapnya.

Meskipun begitu, Suharso enggan menyebutkan siapa saja calon kepala yang akan ditunjuk sebagai Badan Otoritas ini. Namun yang jelas, nantinya calon ketua ini bisa diambil dari mana saja asalkan memiliki kapabilitas dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya.

"Oh itu nanti lah. Jangan (disebutin sekarang calon Kepala Ibu Kota Baru)," ucapnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini