nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Dapat Gelar Layak Investasi, Moody's Beri Catatan Ini

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 07:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 11 20 2166900 ri-dapat-gelar-layak-investasi-moody-s-beri-catatan-ini-dWbavdD98e.jpg Layak Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service (Moody’s) mengatakan, faktor kunci yang mendukung peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2/outlook stabil (Investment Grade) adalah kuatnya pertumbuhan ekonomi dan rendahnya utang Pemerintah.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, hal ini menyatakan optimisme stakeholders internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia. Prospek ini adalah hasil dari sinergi bauran kebijakan yang selaras antara Bank Indonesia dan Pemerintah.

“Ke depan, Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendukung momentum pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Walaupun begitu, masih ada beberapa masalah yang harus dihadapi, antara lain penerimaan Pemerintah yang rendah, ketergantungan Pemerintah terhadap pendanaan eksternal, dan kerentanan struktur ekonomi terhadap siklus komoditas.

Baca Selengkapnya: Moody's Pertahankan Status Investment Grade, Gubernur BI: Bukti Optimisme terhadap RI

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini