nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Datangi Kantor Menhub, Ketua KPK Siap Bantu Kemenhub Jadi Wilayah Bebas Korupsi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 13:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 320 2167808 datangi-kantor-menhub-ketua-kpk-siap-bantu-kemenhub-jadi-wilayah-bebas-korupsi-kG07U2Stkt.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bajuri pada hari ini mendatangi Kantor Kementerian Perhubungan. Tujuannya adalah untuk menghadiri acara penandatanganan komitmen guna menciptakan wilayah bebas korupsi.

Menurut Firli, acara sekaligus kunjungan ini adalah merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk mencegah korupsi. Menurutnya, Kementerian Perhubungan merupakan salah satu yang menjadi sasaran mengingat posisinya yang sangat strategis.

Baca Juga:  Cegah Korupsi, Menhub Wanti-Wanti Pejabat Perhubungan di Daerah

"Hari ini saya menghadiri kegiatan pencanangan komitmen pembentukan zona integritas yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan. Zona integritas itu penting karena sasarannya adalah Kementerian Perhubungan menjadi wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih dalam melayani," ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Menurut Firli, upaya pencegahan korupsi ini akan dilakukan dari mulai internal pemerintahan. Pengawasan di internal masing-masing Kementerian harus diperkuat agar tak ada celah bagi para pegawai untuk bermain-main dengan uang negara.

"Ada 6 arena perubahan salah satunya pengawasan, maka aparatur pengawas internal pemerintah harus diperkuat. Perannya pak irjen baru yang lain," ucapnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Berharap KPK Tidak Dianggap Sebagai Ancaman

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, korupsi merupakan tindak kejahatan yang sangat besar. Bagaimana tidak, selain merugikan pribadi dari individu tersebut, korupsi juga bisa merugikan negara.

Oleh karena itu, untuk memberantas tindak pidana korupsi diperlukan sesuatu usaha yang besar. Selain, itu, dirinya juga meminta seluruh pegawainya untuk mengawasi satu sama lain agar tak ada celah untuk melakukan praktik korupsi.

"Korupsi ini kejahatan yang luar biasa. Oleh karenanya effort untuk Berantas ini juga harus luar biasa. Kalau sudah sadar satu hal terjadi di Kementerian Perhubungan, maka effort besar harus dilakukan," jelasnya.  

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini