nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPPU Selidiki Dugaan Diskriminasi Telkom terhadap Netflix

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 21:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 320 2168128 kppu-selidiki-dugaan-diskriminasi-telkom-terhadap-netflik-5aGc3GfA1F.jpg Netflix. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meningkatkan status perkara dari penelitian menjadi penyelidikan kepada PT Telkom Indonesia Tbk.Hal tersebut terkait dugaan perilaku diskriminasi pada layanan video on demand (VOD).

Di mana ada dugaan persaingan tidak sehat terhadap Netflix yang berawal dari pemblokiran layanan streaming pada layanan Indihome.

Baca Juga: Masalah Tender, Jadi Kasus yang Sering Dijumpai KPPU

"Penanganan perkara merupakan inisiatif kami (KPPU). Pada rapat para komisioner belum lama ini, disepakati untuk meningkatkan status perkara dari penelitian ke penyidikan untuk mencari minimal dua alat bukti," ujar Direktur Investigasi KPPU Gopera Penggabean di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Menurut dia, awal perkara ini ditelaah pada 2016. Kasusnya, ada beberapa video on demand, khusus di grup Telkom.

Baca Juga: 5 Direksi Garuda Dipecat, Kasus Kartel Tiket Pesawat Akan Dihentikan?

"Jadi, pada pesaing Telkom, Netflix bisa diakses tapi di produk-produk Telkom seperti Indihome, Netflix tidak bisa," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia dengan adanya hal itu, berdampak pada pelanggan yang tidak bisa mengakses Netflix sehingga dihadapkan pada pilihan untuk menggantiu operator, atau menggunakan video on demand lain yang tersedia di Indihome.

"Sedangkan dampak bagi Netflix adalah kehilangan potensi untuk mendapatkan pasar. Dan apabila telah ditemukan minimal 2 alat bukti, maka status perkara dapat ditingkatkan ke pemberkasan kemudian dilimpahkan ke persidangan," pungkas dia. (fbn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini