Menteri Keuangan Inggris Mendadak Mengundurkan Diri

Jum'at 14 Februari 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 14 20 2168394 menteri-keuangan-inggris-mendadak-mengundurkan-diri-bek70NJDhx.jpg Sajid David (Reuters)

JAKARTA - Hal mengejutkan dari pemerintahan Inggris. Baru saja Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid mengumumkan pengunduran dirinya hari Kamis (13/2/2020) waktu setempat.

Hal ini merupakan suatu perkembangan yang muncul secara tidak terduga. Di mana, Perdana Menteri Boris Johnson mereorganisasi kabinetnya.

 Baca juga: Dari Mana Sumber Kekayaan Kerajaan Inggris? Simak 5 Fakta Ini

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Jumat (14/2/2020), pengunduran diri Javid itu menyusul laporan-laporan tentang ketegangan antara dirinya dan penasihat utama PM Johnson, Dominic Cummings.

Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan kurang dari satu bulan sebelum Johnson dijadwalkan akan mengumumkan anggaran pertamanya dan ketika pemerintah berusaha menegosiasikan hubungan baru dengan Uni Eropa selambatnya pada akhir tahun.

 Baca juga: Perusahaan Inggris Belum Bersiap Hadapi Brexit

Javid yang berusia 50 tahun adalah mantan bankir yang beralih ke dunia politik, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri dalam negeri.

Javid mengatakan dalam pidato pertamanya di depan parlemen bahwa pengalamannya sebagai bankir mempersiapkan dirinya menjadi politisi karena kedua profesi itu sama-sama tidak disukai oleh masyarakat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini