nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Jitu Memilih Investasi Online bagi Pemula

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 08:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 426 2168247 kiat-jitu-memilih-investasi-online-bagi-pemula-0sWkf81UQQ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini terdapat banyak pilihan jenis investasi. Jika Anda baru masuk di dunia investasi, terdapat beberapa jenis investasi online yang direkomendasikan untuk Anda. Cara mendapatkannya pun mudah, salah satunya bisa melalui situs Jual Beli Online.

Melakukan investasi memang dapat memberikan keuntungan jika Anda benar dalam memilih jenis investasi. Oleh karena itu, melakukan investasi bukanlah hal yang sulit, tetapi juga bukan berarti Anda menggampangkannya.

Berikut beberapa jenis investasi online yang direkomendasikan untuk Anda yang baru ingin memulai investasi.

Emas

Emas memiliki karakteristik harganya yang cukup stabil. Sehingga untuk Anda sebagai pemula jika melakukan investasi pada emas ini akan aman. Selain itu, risiko berinvestasi emas juga tidak terlalu tinggi. Untuk jangka panjang, return-nya juga lebih stabil.

Oleh karena itu, Investasi Emas sangat cocok untuk pemula. Terdapat dua cara jika Anda ingin berinvestasi emas, yakni secara offline dan online. Jika Anda ingin melakukan dengan cara offline, maka Anda harus membeli emas di toko emas ataupun lembaga milik pemerintah yang ditunjuk untuk menjual emas. Jika Anda ingin melakukan investasi emas secara online, maka Anda dapat menggunakan lembaga atau perusahaan investasi yang menyediakan platform online.

Reksadana

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan keuangan dan investasi yang menawarkan Investasi Reksa Dana secara online. Untuk memastikan investasi yang Anda lakukan aman, carilah informasi perusahaan yang legal dan aman pada website OJK. Jika Anda berinvestasi pada reksadana maka pengelolaannya dapat Anda kelola sendiri ataupun Anda serahkan pada manajer investasi.

Valuta Asing

Valas atau valuta asing adalah bentuk investasi digital berupa perdagangan mata uang yang melibatkan mata uang suatu negara dengan mata uang dari negara yang lain. Investasi ini juga disebut forex. Mengingat fluktuasi mata uang antar negara yang tidak menentu, investasi semacam ini cukup berisiko. Namun, jika berhasil, keuntungan yang didapat jauh lebih besar, dibanding investasi jenis lain.

Saham

Rekomendasi selanjutnya adalah Anda dapat melakukan investasi online pada saham. Berinvestasi pada saham ini bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengetahui dan memahami dengan baik tentang dunia saham.

Selain itu, Anda juga dapat berlatih terlebih dahulu dengan melakukan simulasi investasi saham. Saham memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga return-nya juga tinggi. Melakukan investasi saham tidak dapat Anda lakukan sendiri, untuk pemula Anda akan dibantu oleh broker.

Properti

Jenis inverstasi ini merupakan sebuah penanaman modal yang berupa aset tanah dan bangunan. Sistem investasi yaitu membeli sebuah rumah lengkap dengan tanahnya secara online. Lalu, dipasarkan agar ada pembeli yang bersedia membayar dengan harga lebih tinggi dari modal, sedangkan sistem yang kedua adalah menyewakan bangunan tersebut kepada orang lain.

(cm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini