nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara Kediri Dukung Perekonomian Blitar, Tulungagung hingga Jombang

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 10:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 16 320 2169189 bandara-kediri-dukung-perekonomian-blitar-tulungagung-hingga-jombang-2siefNxR71.jpeg Pembangunan Bandara Baru. (Foto: Okezone.com/Pexels)

JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan pembangunan bandar udara (bandara) Kediri dapat menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru di Kediri. Progres pembebasan lahan hingga saat ini kurang lebih sudah hampir 90% lebih selesai.

“Tadi Menteri Perhubungan menyampaikan kepada saya kalau dimulai pada tahun ini Insya Allah 2022 selesai, bisa digunakan,” ujar Seskab, dikutip dari Setkab, Minggu (16/2/2020).

Baca Juga: Pembangunan Bandara Kediri Ditargetkan Selesai April 2022

Menurutnya, ketika Kediri punya bandara baru, ini akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di Kediri, baik itu Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Kertosono, dan bahkan Jombang akan lebih dekat ke Kediri.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan melakukan peninjauan rencana pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur. Menhub cek pembangunan Bandara Kediri bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Menhub hingga Menteri Basuki Cek Pembangunan Bandara Kediri Hari Ini

“Pembangunan Bandara di Kediri yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) ini direncanakan akan dimulai pada April 2020, tentunya setelah proses pembebasan lahan selesai dilakukan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Yudhonur Setyaji dilansir dari laman Kemenhub, Sabtu (15/2/2020).

Proyek pembangunan Bandara ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembiayaan seluruhnya mulai dari pembebasan lahan sampai ke pembangunan Bandara menggunakan dana dari swasta yaitu PT Gudang Garam Tbk, sementara untuk pengelolaannya akan dilakukan oleh BUMN PT Angkasa Pura I.

Pembangunan bandara dilakukan di lahan seluas 450 hektare. Rencananya, landasan pacu bandara (runway) akan dibangun sepanjang 3.000 meter yang ditargetkan rampung dalam 2,5 tahun. Pembangunan Tahap I ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 yang dapat menampung kapasitas 1,5 juta penumpang. Bandara Kediri saat ini dalam tahap penetapan lokasi dan pematangan desain.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini