nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Covid-19, Sri Mulyani Sebut Laju Ekonomi Tahun Ini Akan Sulit

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 17 20 2169734 virus-covid-19-sri-mulyani-sebut-laju-ekonomi-tahun-ini-akan-sulit-IKIvZAAb9w.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati khawatir dengan laju pertumbuhan ekonomi global pada 2020. Karena ada beberapa kejadian di awal tahun yang mempengaruhi ekonomi global.

Menurut dia, kejadian itu, seperti pembunuhan Mayor Jenderal Qasem Soleimani, Britania Raya yang keluar dari Uni Eropa (Brexit), dan yang baru-baru ini adalah merebaknya virus corona di China.

Baca Juga: Dampak Virus Korona, Mari Elka: Ekonomi China Pasti Turun

"Kejadian di Asia, kita memiliki Hong Kong, China, dan virus korona yang akan cukup signifikan dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi," ujar dia di Kantor BKPM Jakarta, Senin (17/2/2020).

Dia menjelaskan sejak akhir 2019, tahun kemarin, banyak yang meramal menjadi titik balik laju pertumbuhan ekonomi global setelah melemah sepanjang tahun sebelumnya.

Baca Juga: Virus Korona Bikin Harga Daging Babi di China Naik 116%

"Namun banyak dirilis lembaga internasional diubah karena banyak ketidakpastian yang terjadi di awal tahun 2020. Sehingga, laju ekonomi global di tahun ini kembali dalam pelemahan," ungkap dia.

Dia menambahkan, dengan ketidakpastian itu, nantinya akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. Di mana saat ini menjalin kerja sama perdagangan dengan negara-negara di dunia.

"Salah satu mitra dagang Indonesia yang besar adalah China," tandas dia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini