nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Potensi Ekspor Alpukat Jumbo asal Malang

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 18 320 2170453 potensi-ekspor-alpukat-jumbo-asal-malang-ONXov6laCT.jpeg Ekspor-Impor Perdagangan di Pelabuhan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Selama ini Kabupaten Malang dikenal sebagai daerah penghasil apel dan jeruk keprok. Ternyata bukan hanya itu, Kabupaten Malang juga merupakan penghasil Alpukat Unggul bernama Alpukat Pameling.

Alpukat jenis ini merupakan alpukat unggulan baru dari Malang yang berpotensi di ekspor. Alpukat Pameling ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan jenis buah alpukat lainnya.

Baca Juga: Dampak Virus Korona Belum Berpengaruh pada Neraca Perdagangan RI di Awal Tahun

Melansir akun Instagram Kementerian Pertanian, setidaknya ada enam keunggulan yang dimiliki alpukat ini. Yang paling utama adalah ukuran buah alpukat pameling ini tergolong jumbo.

“Beratnya mulai dari 600 gram hingga 2 kg dengan bentuk buah yang agak lonjong,” tulis Instagram Kementan, Selasa (18/2/2020).

alpukat

Selain itu, alpukat pameling juga memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega dan bijinya relative kecil. Tanaman ini memiliki produktivitas tinggi mencapai 150-200 kg per pohon.

Baca Juga: Neraca Dagang Januari 2020 Diprediksi Surplus USD67 Juta

“Termasuk tanaman yang genjah karena pada umur dua tahun sudah mulai belajar berbuah,” tulis keterangan tersebut.

Yang terpenting, tanaman alpukat pameling bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Pada 2019, alpukat pameling resmi didaftarkan dan dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai alpukat unggulan nasional.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini