Di Hadapan DPR, Dirut Asabri Minta Benny Tjokro dan Heru Hidayat Tanggung Jawab

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 320 2170864 di-hadapan-dpr-dirut-asabri-minta-benny-tjokro-dan-heru-hidayat-tanggung-jawab-xBYIhRLVOM.jpg Uang Rupiah. Foto: Okezone

JAKARTA - Direktur Utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja menyebut, Asabri mencatat penurunan aset cukup dalam lantaran perusahaan menempatkan investasi pada saham di grup usaha Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro dan Heru Hidayat. Hal ini disampaikan jajaran direksi Asabri saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI di Gedung DPR Jakarta.

"Dengan hal itu, kami minta pertanggung jawaban kepada saudara HH dan BTj dalam rangka pemulihan terhadap penurunan nilai aset investasi Rp 11,4 triliun. Dan pernyataan komitmen itu, sudah ditandatangani oleh saudara HH dan istri BTj," kata dia, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: Benny Tjokro dan Heru Hidayat Janji Bayar Rp10,9 Triliun ke Asabri

Kemudian, lanjut dia, pihaknya meminta manajer investasi untuk meningkatkan kinerja pengelolaan portofolio dana sesuai dengan yang dijanjikan dalam prospektus.

"Jadi, pada 2019 risk based capital (RBC) Asabri tercatat negatif 571% tahun 2020 ini diproyeksikan masih negatif. Di mana untuk RBC bisa 100% dibutuhkan aset sekitar Rp70 triliun. Sedangkan agar RBC 120% (sesuai ketentuan OJK) dibutuhkan Rp72,6 triliun," ungkap dia.

Baca Juga: Erick Thohir Pecat 2 Direktur Asabri, Siapa Saja?

Sebelumnya, Sonny Widjaja menyebut pihaknya telah meminta pertanggung jawaban Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat. Pasalnya kedua perusahaan miliki dua orang tersebut menyebabkan aset perseroan mengalami penurunan.

Menurut Sonny, dari hasil permintaan tersebut, Benny Tjokro dan juga Heru Hidayat bersedia untuk bertanggung jawab atas penurunan nilai aset tersebut. Bahkan kedua siap memberikan ganti rugi sebesar Rp10,9 triliun kepada perseroan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini