nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Bahas Infrastruktur Transportasi hingga Anggaran di DPD

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 21:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 19 320 2171129 menhub-bahas-infrastruktur-transportasi-hingga-anggaran-di-dpd-pODCf3uzno.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan Rapat Kerja dengan Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pada rapat ini Menhub menyampaikan program kerja dari Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2020.

Menhub menyampaikan bahwa sesuai dengan Visi Misi Presiden, yang telah dituangkan dalam RPJMN 2020-2024, terdapat 7 agenda pembangunan yaitu: ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, sdm berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar, lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim dan stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Baca Juga: Terminal Bus Tirtonadi Bakal Disulap Jadi Pusat Kreasi

Dalam rangka mewujudkan visi misi Presiden tersebut, Kementerian Perhubungan mengemban tugas untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, keselamatan dan keamanan, serta peningkatan pelayanan transportasi bagi masyarakat.

“Dan Sesuai arahan Presiden untuk 5 tahun ke depan pembangunan infrastruktur transportasi diharapkan dapat menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, pusat pertanian, perikanan, pertambangan, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Industri (KI) dan daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP),” ujar Menhub dilansir dari laman Kemenhub, Rabu (19/2/2020).

Menhub menambahkan, penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2020 merupakan tahun pertama pada RPJMN ke-4 Tahun 2020-2024 yang bertujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur.

Baca Juga: Revitalisasi Terminal di Medan Ditargetkan Selesai dalam Setahun

Tema RPJMN 2020-2024 yaitu Indonesia Berpenghasilan Menengah-Tinggi yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan, yang dapat diwujudkan dengan 5 sasaran/fokus yaitu: Pembangunan Manusia; Energi, Pangan dan SDA; Pembangunan Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi; Konektivitas; dan Pembangunan Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan.

Lebih lanjut Menhub mengatakan sesuai surat Menteri Keuangan nomor: S-704/MK.02/2019 tanggal 26 September 2019 perihal Penyampaian pagu Alokasi Anggaran Kementerian/Lembaga TA 2020, Pagu Alokasi Kementerian Perhubungan adalah sebesar Rp43,11 Triliun.

“Anggaran tersebut sudah mempertimbangkan hal-hal yang sifatnya prioritas dan strategis dalam rangka mendukung pelaksanaan Prioritas Nasional sesuai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) serta memperhatikan usulan dari kebutuhan daerah,” sebutnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini