nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suku Bunga Acuan BI Turun, BNI Kaji Penyesuaian Bunga

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 320 2171707 suku-bunga-acuan-bi-turun-bni-kaji-penyesuaian-bunga-dAiDyredio.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 19-20 Februari 2020 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4,75% dari sebelumnya 5%. Sementara suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,5%.

Menanggapi hal itu, Direktur Tresuri dan Internasional PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Bob Tyasika Ananta menyebut dengan BI menurunkan suku bunga acuan tersebut, BNI berharap bisa growth over stability atau pertumbuhan melebihi stabilitas. Dirinya pastikan penurunan bunga itu bertujuan agar perekonomian nasional bisa terus bergerak.

Baca juga: BI: Aliran Modal Asing yang Masuk RI Capai Rp220,9 Triliun

"Kita juga akan mempertimbangkan untuk mengikuti bagaimana tren suku bunga tersebut," kata dia di Bank BNI Pejompongan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Bob yang per hari ini baru menjabat sebagai Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI dari hasil dari RUPST 2019 itu juga menyatakan, selain melihat bagaimana tren suku bunga tersebut akan berlangsung ke depannya.

Baca juga: Indonesia 'Diguyur' Aliran Modal Asing Rp217 Triliun

"Kami juga akan menjadikan mekanisme pasar sebagai pertimbangan masalah suku bunga tersebut," ungkap dia.

Dia menambahkan, nantinya mekanisme pasar itulah yang akan menjadi penentu sikap BNI dalam hal penyesuaian penurunan suku bunga, sekaligus sebagai aspek transmisinya.

"Hanya saja ada mekanisme pasar dan kompetisi yang ada. Maka itu kita melihat ini ada suatu pesan yang dikirim otoritas untuk menggerakkan ekonomi, kita sudah menurunkan suku bunga," tandas dia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini