Jangan Takut Coba Warna-Warna Berbeda di Satu Ruangan!

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 17:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 22 470 2172496 jangan-takut-coba-warna-warna-berbeda-di-satu-ruangan-Bvqes1lhtp.jpg Dekorasi Rumah (Thespruce)

JAKARTA - Membuat keindahan satu ruangan bisa dilakukan dengan warna-warna yang berbeda. Walaupun menggunakan satu warna sebagai keseluruhan ruangan sah-sah saja.

Akan tetapi, jangan ragu gunakan sedikit sentuhan warna lain pada salah satu elemen interior, baik itu pada salah satu bidang dinding, furnitur, tirai, ataupun elemen dekor lain.

 Baca juga: Pencahayaan Alami Rumah Menghadap Timur Paling Baik

Mengutip buku 'A-Z Warna Interior: Rumah Tinggal' oleh Wirania Swasty, pojok interior tersebut sudah pasti menarik perhatian bagi yang memandangnya. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi warna tersebut difungsikan sebagai aksentuasi atau focal point dalam ruangan.

Pada umumnya, warna-warna terang dan cerah dihadirkan sebagai aksen. Namun, tak jarang warna gelap dijadikan aksen pada ruangan yang terang atau berwarna netral.

 Baca juga: Manfaat Rumput bagi Rumah, Ciptakan Suasana Santai

Syaratnya hanya satu. Warna yang ingin ditampilkan sebagai aksen haruslah warna yang kontras dengan warna yang mendominasi ruang.

Memilih warna untuk menciptakan aksen atau focal point dalam ruangan:

1. Jika ruangan bernuansa putih gading, krem, hingga cokelat, cobalah warna hijau daun atau ungu lavender sebagai warna aksen. Hindari warna kuning ke jingga karena warna tersebut masih berdekatan dengan warna tema ruangan tersebut.

2. Cobalah gunakan lingkaran warna untuk menemukan komposisi warna yang tepat. Apakah itu warna kontras komplementer, split komplementer, triad atau triad komplementer.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini