Pencahayaan Alami Rumah Menghadap Timur Paling Baik

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 470 2169010 pencahayaan-alami-rumah-menghadap-timur-paling-baik-y2OjqJLe1o.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Dalam membangun rumah, pastikan cahaya matahari masuk ke dalamnya. Hal ini dikarenakan manfaat cahaya matahari untuk manusia maupun rumah.

Pencahayaan alami sangat berguna bagi manusia, baik secara fisik maupun jiwa. Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah memberikan penerangan yang cukup. Selain itu, cahaya matahari dapat menghangatkan rumah.

Baca juga:Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Bambu Laminasi, Apa Itu?

Rumah yang menghadap ke timur sangat baik. Hal ini disebabkan cahaya matahari dapat menghangatkan pagi yang dingin dan memberikan perasaan senang pada pagi hari untuk memulai aktivitas.

Seperti dikutip buku '22 Ide & Konsep Desain Rumah dan Taman' karya Probo Hindarto yang terbit pada 2009, sebaliknya banyak orang tidak menyukai cahaya matahari yang datang dari barat. Ini dikarenakan udara panas pada siang hari, sehingga bila ditambah sinar matahari sore akan terasa sangat panas.

Baca juga: Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Tak perlu khawatir, hal ini bisa diatasi dengan membuat plafon yang cukup tinggi. Cahaya matahari tetap diperlukan di dalam rumah.

Cara agar meminimalkan efek panasnya yaitu dengan cahaya matahari masuk hanya beberapa puluh menit pada sore hari ke dalam rumah yang menghadap ke barat. Nantinya rumah akan tak terlalu panas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini