nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Kebijakan Impor Bawang Putih 62.000 Ton

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 03:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 23 320 2172927 fakta-kebijakan-impor-bawang-putih-62-000-ton-ckirA3AQtg.jpg Ilustrasi impor bawang putih (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan menyatakan, penerbitan ijin impor bawang putih disusul adanya perkiraan stok dalam negeri yang akan habis pada Maret 2020 mendatang. China pun menjadi negara yang disebut bakal mengimpor bawang putih untuk Indonesia.

Kemendag memang telah menerbitkan Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih sebanyak 62.000 Ton. Oke bilang, izin impor diterbitkan berdasarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) Kementerian Pertanian untuk impor bawang putih sebanyak 103.000 ton.

Dia menyatakan, komoditas yang dilarang pemerintah adalah impor binatang hidup (live animal) dari China, sebagai bentuk antisipasi penyebarang virus korona (covid-19). Larangan itu berdasarkan hasil penelitian ilmiah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), bahwa transmisi virus melalui binatang hidup.

"Scientific eveidence (bukti ilmiah) dari WHO yang jadi carrier adalah binatang hidup. Namun tidak termasuk produk ikan, karena bukan carrier. Begitu juga dengan bawang putih, bukan carrier virus," kata Oke.

Baca Selengkapnya: Indonesia Impor Bawang Putih, Tetap dari China?

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini