Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Tinggal Finishing

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 320 2178032 pembangunan-bandara-internasional-yogyakarta-tinggal-finishing-09hdJb5oKs.jpg Bandara (Shutterstock)

KULONPROGO - Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta/Yogyakarta international Airport (YIA) hampir mencapai target penyelesaian. Progress pembangunan sudah mencapai 94 persen di mana sisanya tinggal tahap finishing.

“Pembangunan fisiknyas udah selesai, tinggal finishing saja, sekarang sudah 94 persen,” ujar Project Manager Pembangunan Bandara YIA, PT Angkasa Pura I Tauchid Hadi Purnomo, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

 Baca juga: Sudah 94%, Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh pada 29 Maret

Dengan progress ini, bandara YIA, sudah siap untuk menerima pemindahan rute penerbangan dari bandara Adisutjipto. Sisi pembangunan air side sudah selesai.

Begitu juga infrastruktur pendukung juga sudah bisa dimanfaatkan. Baik itu fly over terminal hingga gedung parkir.

 Baca juga: Pesan Jokowi untuk Angkasa Pura: Servis Cepat Itu adalah Kunci

Pekerjaan yang ada, lanjutnya, tinggal fokus pada pembenahan di terminal internasional di lantai satu. Sebelumnya terminal ini untuk layanan domestik pada awal operasional dan akan dipindahkan ke lantai tiga.

“Kita tinggal kejar itu di terminal internasional,” imbuhnya.

Sebelum full operation pada 29 Maret nanti, bandara YIA akan diverifikasi oleh Dirjen Perhubungan Udara. Hasilnya akan ditindaklanjuti dengan penyempurnaan sampai dengan 28 Maret mendatang.

Sehingga pada 29 Maret semuanya benar-benar sudah full operation, dan ada ratusan rute penerbangan dari Adisutjipto yang akan dipindah ke YIA. Pada 28 Maret, malam, nantinya pesawat yang akan melayani rute penerbangan pagi sudah siap. Pesawat ini akan menginap di YIA untuk penerbangan pagi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini