Imbas Virus Korona, Foxconn Pangkas Produksi Sampai Setengahnya

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178542 imbas-virus-korona-foxconn-pangkas-produksi-sampai-setengahnya-IuvvkO7a0o.jpg Foxconn (Reuters)

JAKARTA - Hon Hai Precision Industry yang dikenal dengan Foxconn menyatakan jika produksinya telah berkurang 50% persen.

Foxconn merupakan produsen komponen elektronika. Perusahaan ini juga dikenal karena menyuplai komponen untuk Apple. Demikian dilansir dari Forbes, Kamis (5/3/2020).

 Baca juga: Dituduh Gunakan Terlalu Banyak Tenaga Magang di China, Ini Tanggapan Apple dan Foxconn

Perseroan juga berharap bisa kembali beroperasi secara penuh pada akhir bulan ini. Hal ini bisa terjadi jika skenario terbaik yang disiapkan perusahaan bisa dijalankan.

Eksekutif Foxconn mengatakan jika krisis kesehatan akibat virus korona yang mewabah di China akan menurunkan kinerja penjualan perseroan sebanyak 15% pada kuartal pertama secara year on year.

 Baca juga: Foxconn Akuisisi Sharp, Siapkan USD5,8 Miliar

Selain itu, Foxconn juga tampaknya sudah tidak memiliki kontrak yang mengikat. Misalnya dengan Apple, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah meng-cancel order saat ini.

Lebih dari 94.000 orang terpapar virus korona sejak pertama kali virus ini merebak di Wuhan, China pada Desember 2019.

 Baca juga: Foxconn Niat Bangun 12 Pabrik di India yang Serap Ribuan Pekerja

Sekarang ini, sekira 3.214 orang telah meninggal dan 51.039 yang terjangkit virus ini sudah dinyatakan sembuh. Menurut data Johns Hopkins University, saat ini masih ada sekira 40.000 pasien virus korona di seluruh dunia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini