Masker Dijual Rp300 Ribu per Box, Mendag: Kalau Ada Penimbunan Ditindak

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178689 masker-dijual-rp300-ribu-per-box-mendag-kalau-ada-penimbunan-ditindak-NlCFLYISPH.jpeg Waspada Virus Korona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto buka suara tentang penjualan masker yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya. Adapun PD Pasar Jaya menyiapkan 1.450 box masker yang dijual dengan harga Rp300.000 per box.

Menurut Agus, pihaknya akan melihat apakah ada indikasi penimbunan dari masker yang dijual oleh PD Pasar Jaya. Jika ditemukan adanya penimbunan maka akan ada sanksi tegas yang diberikan.

“Nanti di sini kita akan lihat. Artinya kalau ada itu kan artinya orang-orang ada penimbunan. Ini akan ada penindakan soal itu,” ujarnya saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga: Adi Nugroho Sesalkan Harga Masker Naik

Menurut Agus, pihaknya sudah bekerja sama dengan aparat lewat Satuan Tugas (Satgas) pangan. Jika ditemukan adanya pelanggaran berupa penimbunan maka pihak aparat lah yang akan menindak langsung penjual termasuk jika yang berjualan merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Begini kalau masalah sanksi itu aparat. Nanti kalau terjadi penimbunan dan lain-lainnya itu aparat yang bertindak,” ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Harga Masker Rp2.000

Saat ditanya mengenai kemungkinan akan menerapkan batas atas harga masker, Agus menyebut saat ini sedang dilakukan kajian oleh pihaknya. Mengingat, yang dapat diatur harga jualnya hanyalah untuk komoditas pangan saja.

“Ini bukan pangan nanti kita lihat kita akan evaluasi itu,” ucapnya

Sebagai informasi Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya menyiapkan 1.450 box masker. Adapun harga per box dari masker tersebut adalah sebesar Rp300.000 sedangkan harga per lembarnya adalah Rp6.500. Penyediaan masker ini sebagai langkah antisipasi atas kelangkaan yang terjadi. Ditambah lagi, masker merupakan salah satu barang yang paling dicari oleh masyarakat di tengah wabah virus korona.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini