Share

Hapus Pajak Hotel dan Restoran, Pemerintah Ganti Rp3,3 Triliun ke Pemda

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 20 2179268 hapus-pajak-hotel-dan-restoran-pemerintah-ganti-rp3-3-triliun-ke-pemda-HDFB0uxLiO.jpg Pajak (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah pusat akan mengganti Rp3,3 triliun kepada pemerintah daerah (pemda) sebagai imbas pembebasan pajak hotel dan restoran. Hal itu untuk membantu hotel dan restoran yang mengalami kerugian di tengah penyebaran virus korona.

Menurut dia, penggantian tersebut berlaku efektif jika sudah ada aturan turunan dari Kementerian Keuangan berupa Peraturan Menteri Keuangan.

"Jadi diberlakukan nanti dengan PMK. Ini kan temporary, bukan pembatalan. Nanti pemerintah akan menalangi dengan dana sebesar Rp3,3 triliun dengan Pemda," ujar Airlangga di kantornya, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga: Paket Fiskal dari Sri Mulyani, Hotel dan Restoran Bebas Pajak

Dia menjelaskan dana Rp3,3 triliun tersebut merupakan pajak yang seharusnya didapatkan Pemda atas beroperasinya hotel dan restoran di daerah masing-masing.

"Apabila pajak restoran dan hotel tidak ditarik, maka pemda ada potensi kehilangan pendapatan sebesar Rp3,3 triliun. Hal ini yang diganti oleh pemerintah," ungkap dia.

Baca Juga: Insentif Pariwisata Rp298 Miliar demi Raup Devisa Rp13 Triliun

Dia menambahkan, pembebasan pajak ini menjadi suatu amunisi menahan industri perhotelan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal.

"Kami berharap, industri perhotelan tetap mampu bertahan walau kunjungan wisatawan menurun," tandas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini