Konsep Bandara dan Pelabuhan di Ibu Kota Baru Tengah Disusun Kemenhub

Irene, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 470 2179382 konsep-bandara-dan-pelabuhan-di-ibu-kota-baru-tengah-disusun-kemenhub-8ochC86w9p.jpg Ilustrasi Bandara. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Rencana induk (master plan) Ibu Kota Negara (IKN) yang terintegrasi yang mencakup infrastruktur jalan, sumber daya air, transportasi, energi listrik, dan jaringan komunikasi tengah disusun. Penyusunan rencana induk tersebut melibatkan sejumlah Kementerian terkait seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: ADB Siap Dukung Pengembangan Ibu Kota Baru

Dari sisi transportasi, Kemenhub tengah menyusun rencana pembangunan Bandara dan Pelabuhan sebagai dukungan transportasi udara dan laut.

“Diharapkan konsep masterplan pelabuhan dan bandara dapat disampaikan pada pekan depan. Hal ini penting untuk menentukan dukungan jalan dan jaringan Kereta menuju pelabuhan dan Bandara,”ucap Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga dilansir dari laman Kementerian PUPR, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: CEO Otoritas Ibu Kota Negara Diputuskan Minggu Ini

Menurut Danis, hasil konsep rencana induk tersebut akan menjadi salah satu dasar penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) IKN dan menjadi laporan kepada Badan Otorita yang akan dibentuk dalam waktu dekat.

Diungkapkan Danis, konsep rencana induk tersebut akan dimulai dari titik pusat Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)-IKN dengan luasan 5.000 hektare (ha). Untuk pembangunan infrastruktur di bidang SDA dan jalan, menurutnya akan dimulai pada Semester II Tahun 2020.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini