nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bursa Saham AS Jeblok, Presiden Trump Salahkan Arab Saudi-Rusia

Selasa 10 Maret 2020 10:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 10 278 2180874 bursa-saham-as-jeblok-presiden-trump-salahkan-arab-saudi-rusia-fMXbAnQRtw.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat (AS) porak poranda di tengah perang harga minyak dan krisis virus korona. Bahkan perdagangan Wall Street sempat dihentikan selama 15 menit karena turun terlalu tajam.

Presiden Amerika Donald Trump bertemu penasihat ekonominya kemarin, termasuk Menteri Keuangan Steven Mnuchin, yang memberinya opsi kebijakan untuk menghadapi ancaman terhadap perekonomian. Opsi itu mencakup cuti sakit dan bantuan darurat bagi usaha kecil.

Baca Juga: Wall Street Melemah hingga 1% Imbas Kekhawatiran Virus Korona

Sementara saham rata-rata industri Dow Jones anjlok lebih dari 2.000 poin dalam perdagangan kemarin, Trump menulis di Twitter, menyalahkan penurunan bursa saham akibat perselisihan Arab Saudi dan Rusia mengenai harga dan pasokan minyak.

"Itu, dan Fake News (sebutan Trump untuk media-media yang dinilainya menyebarkan berita bohong, adalah penyebab anjloknya pasar saham," tulis Trump dilansir dari VOA, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga: Wall Street Ditutup Anjlok 3% Imbas Investor 'Dihantui' Virus Korona

Trump mengatakan penurunan besar harga minyak akan baik bagi konsumen karena harga bensin akan lebih murah. Trump juga menepiskan ketakutan orang Amerika akan virus baru corona. Menurut presiden, jumlah kematian di Amerika akibat penyakit baru itu sangat kecil dibandingkan puluhan ribu orang yang meninggal setiap tahun akibat influenza musiman.

Gedung Putih membantah laporan mereka mengeluarkan pedoman resmi kepada staf yang memerintahkan mereka agar membatasi interaksi dan pertemuan secara langsung.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini