IHSG Anjlok, Jokowi: Kita Tidak Bisa Melawan Kepanikan Global

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 13 278 2182870 ihsg-anjlok-jokowi-kita-tidak-bisa-melawan-kepanikan-global-fwnKvWkOkq.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/Setkab)

TANGERANG - Virus korona memberi dampak besar terhadap perekonomian global. Mulai dari harga minyak, pasar saham hingga nilai tukar berbagai negara melemah akibat virus yang telah menewaskan ribuan orang tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sekarang ini pasar keuangan dunia memang mengalami guncangan. Hal itu pun tak dipungkiri berimbas juga pada Indonesia, seperti anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 5% yang membuat trading halt.

Baca Juga: Emiten Sudah Buyback Saham tapi IHSG Masih Anjlok, Ini Penjelasan Bos BEI

"Kepanikan. Kita tidak bisa melawan kepanikan global ini," kata Jokowi di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

Namun tidak melawan, kata Jokowi, bukan berarti pemerintah dan lembaga terkait diam saja. Dirinya sudah menginstruksikan kepada pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan untuk selalu memantu dan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang cepat.

Baca Juga: IHSG Anjlok, Ketua OJK: Ini Tidak Bisa Dihindari

"Otoritas Jasa Keuangan akan selalu memantau, kita tahu OJK memberikan relaksasi kelonggaran. BEI juga memberikan relaksasi, pemerintah juga sudah memberikan kelonggaran-kelonggaran. BI telah juga saya lihat telah memberikan kelonggaran dan relaksasi dalam policy-policy," tuturnya.

Sebelumnya, untuk menjaga agar sektor riil tetap bergerak serta menjaga daya beli masyarakat demi mendorong kinerja ekonomi domestik, Pemerintah kembali mengeluarkan stimulus ekonomi baik stimulus fiskal maupun non-fiskal.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini