nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensus Penduduk Online 2020, Waktunya Milenial Ikut Berpartisipasi

Senin 16 Maret 2020 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 16 11 2184246 sensus-penduduk-online-2020-waktunya-milenial-ikut-berpartisipasi-Bh42P3hE1F.jpg Presiden Joko Widodo (dok: BPS)

INFORMASI tentang sensus penduduk tampaknya mulai sering dibicarakan akhir-akhir ini. Meskipun sering terdengar, pernahkah tercetus pemikiran mengapa kita sebagai masyarakat harus ikut berpartisipasi?

Sesuai dengan namanya, sensus penduduk merupakan bagian dari kegiatan pemerintah untuk menghitung jumlah penduduk Indonesia. Kegiatan ini diadakan sepuluh tahun sekali pada tahun yang memiliki nilai nol, seperti tahun 2020.

Bagi milenial, sensus penduduk mungkin masih terasa asing di telinga. Padahal, sensus penduduk memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, salah satunya untuk kemajuan bangsa di masa depan.

Menurut Presiden Joko Widodo, sensus penduduk sangat penting dilakukan. Adanya data penduduk terkini dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan infrastruktur di sekitar kita.

Tak hanya itu, data ini juga berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan.

“Sensus Penduduk 2020 (SP2020) nanti akan menjadi kunci langkah awal untuk menuju terwujudnya satu data kependudukan. Oleh karenanya, jangan memandang lagi bahwa SP2020 ini hanya pekerjaan BPS. SP2020 telah menjadi agenda kerja kita semuanya,” ujar Presiden Joko Widodo dalam Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara (24/01).

Selain manfaat yang disampaikan oleh presiden, sensus penduduk juga memiliki dua tujuan besar. Pertama, sensus penduduk akan menyediakan data jumlah, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Kedua, sensus penduduk akan memberikan parameter demografi, proyeksi penduduk, serta indikator Sustainable Development Goals (SDG’s).

Untuk mendorong partisipasi millenial, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan inovasi dengan hadirnya sensus penduduk berbasis online. Sebelumnya, sensus penduduk selalu menggunakan metode tradisional dengan datang dari rumah ke rumah.

Selain dianggap lebih praktis dan efisien, milenial juga dapat mengisi data sensus secara mandiri melalui website BPS di sensus.bps.go.id mulai dari 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Sensus online dapat dilakukan melalui desktop maupun smartphone.

Bagi kalian yang belum sempat mengisi form sensus penduduk online, tak perlu khawatir. Pasalnya, BPS akan melakukan sensus penduduk secara langsung pada tanggal 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

Melalui prosedur ini, setiap anggota keluarga akan diwawancarai oleh petugas BPS. Sehingga, penting bagi seluruh partisipan untuk memberikan jawaban yang jujur dan benar.

BPS juga telah berpengalaman selama 60 tahun dalam melaksanakan enam kali sensus penduduk setelah kemerdekaan. Dimulai pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010. Tahun 2020 merupakan tahun ketujuh dalam pengambilan data sensus penduduk.

“Semangat perubahan ini dilakukan berdasarkan arahan Bapak Presiden bahwa kita semua harus berkolaborasi, meninggalkan ego sektoral, dan terus menerus menerapkan inovasi,” ujar Suhariyanto, Kepala Badan Pusat Statistik.

Partisipasi masyarakat dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar, serta dukungan penuh dari K/L, institusi, organisasi, dan seluruh pihak menjadi kunci kesuksesan SP2020 dan menentukan masa depan Indonesia. Yuk ikut sensus penduduk online dari sekarang!

(cm)

(fmi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini