Situasi Dunia Mencekam karena Virus Corona, Menko Luhut: Indonesia Relatif Lebih Baik

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 20 2184325 situasi-dunia-mencekam-karena-virus-corona-menko-luhut-indonesia-relatif-lebih-baik-ADKxzizMDE.jpg Waspada Virus Korona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut situasi global saat ini cukup mencekam. Hal ini imbas wabah virus corona yang menyebar begitu cepat.

Namun, kata Luhut, virus Covid-19 tidak hanya terjadi di satu negara saja. Melainkan beberapa negara seperti Amerika Serikat, Iran bahkan hingga Italia terkena dampaknya.

Baca Juga: Kerja dari Rumah, Presiden Jokowi: Pelayanan untuk Kebutuhan Pokok Harus Dijaga

"Situasi dunia memang cukup mencekam karena masalah ini belum pernah terjadi seperti ini," ujarnya, dalam acara video conference di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Seperti di Amerika Serikat (AS), ekonomi mulai tertekan virus corona. Bahkan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) telah menurunkan suku bunga acuannya agar investor tertarik untuk menaruh modalnya di Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas hingga Meeting Di-Hold Dulu

"Di Amerika sendiri saya lihat mereka sudah menurunkan The Fed menurunkan suku bunga jadi tinggal 25 basis poin dan juga saya dapat laporan teman-teman di New York dan Washington juga keliatan ketegangan di sana," kata Menko Luhut.

Kendati demikian, Luhut menilai dampak virus corona terhadap Indonesia relatif masih lebih baik dibandingkan negara lainnya. Bahkan situasi di dalam negeri masih lebih kondusif meskipun saat ini virus corona sudah masuk ke Indonesia.

"Tapi kita saya lihat dibandingkan dengan Indonesia saya lihat kita masih cukup lebih tenang masyarakat kita dengan pidato presiden hari Minggu dan juga tadi saya fikir udah memberikan jelas garisnya," kata Menko Luhut.

Oleh karena, Menko Luhut meminta agar seluruh pihak tidak panik dalam menghadapi permasalahan ini. Apalagi, permasalahan ini hanya bersifat sementara karena jika wabah virus corona sudah bisa diatasi, maka situasi akan kembali normal.

"Saya fikir tidak ada yang perlu kekhawatiran yang berlebihan," kata Menko Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini