nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Minta APBD Dialokasikan untuk Bantuan Sosial

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 20 2188167 presiden-jokowi-minta-apbd-dialokasikan-untuk-bantuan-sosial-rZ9SJ9QFAm.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk bantuan sosial. Pasalnya, penyebaran virus corona berdampak pada pendapatan masyarakat.

Sebagai contoh, ketika sebuah kota ingin melakukan kebijakan penutupan kegiatan alias Lock Down. Jokowi meminta agar ada insentif yang diberikan kepada semua sektor.

Karena akan ada banyak orang yang terpaksa tidak bekerja. Lalu ada juga pekerja informal yang tidak bisa bekerja seperti tukang becak, supir angkot, hingga driver ojek online ataupun taksi online.

Baca Juga: Ada Virus Corona, Erick Thohir Sebut Angkasa Pura dan KAI Siap Rugi

"Sehingga di dalam APBD dukungan kepada sektor-sektor itu yang harus diberikan, bantuan sosial kepada mereka harus disiapkan. Jangan kita hanya menutup tapi tidak dibarengi kebijakan bantuan sosial, social sefety net untuk mendukung kebijakan yang dibuat," kata Jokowi dalam telekonferensi, selasa (24/3/2020). 

Kepala Negara meminta Kepala Daerah menghitung betul ketika mengeluarkan kebijakan tentang penanganan virus corona. Selain itu, kebijakan yang dikeluarkan juga harus sati visi dengan pemerintah pusat.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Putuskan Tunda Pelaksanaan UN 2020 karena Pandemi Corona

Menurut Jokowi, kebijkan yang diambil oleh pemerintah daerah harus memperhatikan seluruh aspek dari mulai dampak kepada kesehatan hingga sosial ekonomi.

"Dan saya minta kebijakan-kebijakan yang ada di provinsi semuanya dihitung baik dampak dari kesehatan dan keselamatan rakyat kita maupun dampak sosial ekonomi yang mengikutinya," ujarnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini