nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Program Padat Karya, Menteri Basuki Bangun Irigasi di 6.000 Lokasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 15:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 320 2189966 percepat-program-padat-karya-menteri-basuki-bangun-irigasi-di-6-000-lokasi-epqHIk7h34.jpg Pembangunan Jaringan Irigasi. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Balai Besar/ Balai Wilayah Sungai Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air di seluruh Indonesia mempercepat Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang menjangkau 6.000 lokasi dengan anggaran Rp1,35 triliun. Hal ini merupakan salah satu Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok. Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical & social distancing,” ujar Menteri Basuki, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/020).

P3TGAI merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara dua musim tanam dan panen.

Tahun ini P3TGAI dibagi menjadi tiga tahap, di mana tahap I akan dimulai pada April 2020 dan ditargetkan akan rampung dalam waktu 3-4 bulan yakni pada Juni atau Juli 2020. Program tahap I dilaksanakan di 1.653 lokasi yang tersebar di 31 provinsi.

Dengan percepatan realisasi program PKT ini diharapkan dapat mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global akibat Pandemi COVID-19 yang terjadi sekarang. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengalihkan anggaran guna mempertahankan daya beli masyarakat terutama rakyat kecil yang disampaikan saat video konferensi Rapat Terbatas dari Istana Merdeka beberapa saat lalu.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini