nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutup, Tempat Wisata Internasional Alami Kerugian

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 04 320 2194049 tutup-tempat-wisata-internasional-alami-kerugian-b3xhkMhFBq.jpg Industri Pariwisata Terdampak Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Instruksi untuk beraktivitas di rumah dan menghidari tempat-tempat keramaian berdampak besar pada tempat wisata internasional. Seperti di Indonesia, pemerintah menginstruksikan untuk menutup sementara lokasi wisata sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Direktur Program Magister Manajemen Kalbis Institute Jakarta Dr. Joseph M J Renwarin mencatat, tempat wisata internasional yang menghentikan operasi seperti Universal Studio, Disneyland, Batu Secret Zoo. Kemudian wisata-wisata pantai di Bali dan club, tempat wisata bersejarah seperti Candi Borobudur hingga Museum.

Baca Juga: Multiplier Effect Anjloknya Industri Pariwisata Akibat Virus Corona

“Tempat-tempat wisata ini mengalami kerugian seperti pengembalian dana yang sudah diperjual belikan dari jauh hari,” tulisnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4/2020).

Dirinya mencontohkan kerugian akibat tutupnya tempat Wisata Disney Land dan konser-konser Musik karena ketidakhadiran dari Guest Star yang akan mengisi acara konser tersebut. Tour Guide Agent mengalami penurunan karena tidak adanya wisatawan dan turis yang melakukan traveling.

Baca Juga: Menparekraf Bakal Realokasi Anggaran demi Tangkal Virus Corona

“Berkurangnya pengunjung hotel terutama di Bali dan Yogyakarta yang biasanya menajdi tempat penginapan para turis kini menjadi sepi,” tuturnya.

Hal ini pun berpengaruh pada usaha dalam bidang makanan disekitar temat pariwisata. Lalu beberapa usaha bisnis biar bisa survive terutama di bisnis hospitality.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini