Share

Cegah Covid-19, BNPB: Isolasi Mandiri Bagi Pemudik yang Baru Tiba

Taufik Fajar, Okezone · Senin 06 April 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 320 2194874 cegah-covid-19-bnpb-isolasi-mandiri-bagi-pemudik-yang-baru-tiba-VsLdOEeNP7.jpg Mudik Diimbau untuk Tidak Dilakukan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo menyatakan hampir semua Pemerintah Daerah (Pemda) telah mempersiapkan dirinya untuk mudik Lebaran 2020. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Namun demikian, dalam mengedepankan protokol kesehatan selama mudik nanti, ujung tombak ada pada Kepala Desa (Kades) di masing-masing wilayah. Hal ini utamanya untuk melakukan isolasi mandiri terhadap warga yang baru tiba.

Baca Juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Presiden Jokowi Ingin Ubah Hari Libur Nasional

"Diharapkan ujung tombah yang terdepan adalah para kepala desa. Kepala desa bisa memanfaatkan karang taruna kemudian Posyandu, PKK, dan juga unsur TNI-Polri seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk bersama-bersama melakukan isolasi mandiri bagi warga yang baru tiba," ujarnya, dalam telekonferensi, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Aturan Mudik Lebaran 2020 di Tengah Penyebaran Virus Corona Diputuskan Besok

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pun mengapresiasi beberapa daerah yang sudah menjalankan isolasi mandiri. Namun untuk yang belum, dirinya berharap semua unsur atau instrumen pemerintah untuk segera menerapkannya.

"Apabila instrumen ini bisa berjalan efektif, maka kita mampu melakukan upaya pencegahan terhadap masy yg berisiko tinggi," tuturnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini