nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendapatan Anjlok Imbas Corona, Menteri Basuki Siapkan Insentif untuk BUJT

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 21:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 07 320 2195708 pendapatan-anjlok-imbas-corona-menteri-basuki-siapkan-insentif-untuk-bujt-WdVhZOjBOp.jpg Jalan Tol (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan insentif untuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Insentif yang disiapkan menyusul anjloknya pendapatan dari BUJT karena virus corona.

Menteri Pekerjaan Umum dana Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, para pengusaha jalan tol sudah meminta relaksasi kepada dirinya. Pasalnya, lalu lintas harian rata-rata dari jalan tol ini turun 40-60%.

 Baca juga: Jalan Tol Sepi, Pendapatan BUJT Anjlok Gara-Gara Corona

"Mungkin nanti akan meminta relaksasi pembayaran kewajiban BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) ke bank, karena dengan pendapatan yang berkurang sekitar 40% menyebabkan kemampuan untuk membayar kepada bank itu akan berkurang," ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (7/4/2020).

Menurut Basuki, nantinya ada beberapa opsi yang sedang dikaji oleh pemerintah untuk memberikan insentif. Misalnya adalah peerpanjangan masa konsesi atau pengelolaan jalan tol.

 Baca juga: Perangi Virus Corona, Menteri Basuki Siapkan Rp1,66 Triliun

Selain itu, ada juga penyesuaian tarif untuk menutupi kerugian dari BUJT selama corona. Lalu ada juga keringan untuk pembayaran kredit perbankan baik dari sisi bunga dan juga lamanya cicilan.

"Ini sedang kit diskusikan. Karena ada banyak masukan dari BUJT. Apakah itu perpanjangan konsesi, ataukah itu penyesuaian tarif," ucapnya.

Khusus untuk keringan pembayaran kredit perbankan, pihaknya masih akan bertemu dengan pihak perbankan. Nantinya, pihaknya akan meminta agar bunga cicilan bisa disesuaikan dengan pendapatan perusahaan.

"Kita minta relaksasi baik untuk pokok maupun bunganya sesuai dengan pendapatan yang didapatkan. Belum kami proses," kata Basuki.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini