RI Jadi Eksportir Terbesar, Begini Caranya Petik Buah Kopi

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 320 2197581 ri-jadi-eksportir-terbesar-begini-caranya-petik-buah-kopi-krQ8QPdKrn.jpg Kopi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Indonesia sebagai salah satu eksportir kopi terbesar di dunia tentunya memiliki berbagai macam varian kopi khas yang berkualitas tinggi hingga dapat dipasarkan ke mancanegara.

Untuk menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi, peran para petani kopi Indonesia sangat penting.

Mereka dengan giat menjaga kopi yang ditanamnya selama berbulan-bulan hingga dapat dipanen. Untuk menjaga kualitas kopi, ada ketentuan yang harus dilakukan oleh petani, salah satunya saat memanen buah kopi.

Baca Juga: Mentan Janji Akan Bawa Kopi Sumut ke 11 Negara 

Untuk memetik buah kopi juga ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Bagaimana caranya? Berikut seperti dikutip akun Instagram Kementerian Perdagangan, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Cara memetik buah kopi antara lain pemetikan selektif yang dilakukan pada buah yang matang sempurna dan pemetikan setengah selektif yang dilakukan pada semua buah dalam satu dompol yang sudah berwarna merah penuh.

Selain itu, ada juga pemetikan serentak yang dilakukan pada semua buah kopi yang ada. Pemetikan ini biasanya dilakukan saat akhir musim panen.

Terakhir, ada cara pemetikan lelesan, yaitu memungut buah kopi yang jatuh di tanah.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini