Imbas Corona, Sri Mulyani Potong Rp94 Triliun Anggaran Transfer Daerah

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 320 2199164 imbas-corona-sri-mulyani-potong-rp94-triliun-anggaran-transfer-daerah-RCglw4tlzY.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menyebut akan ada penurunan dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) pada tahun ini. Mengingat, saat ini seluruh anggaran dan juga fokus pemerintah adalah untuk penanganan virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pada tahun ini, Dana Transfer ke Daerah dan Dadakan dilakukan pemotongan sebesar Rp94 triliun. Angka ini mengalami penurunan sekitar 10% dari anggaran TKDD dalam semula.

"Di dalam surat edaran bersama kami dengan Kemendagri kita menyampaikan kepada daerah situasi pemotongan TKDD itu sekitar Rp94 triliun," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani-Tito Karnavian Diminta Buat Pedoman Realokasi Anggaran Pemda

Menurut Sri Mulyani, turunnya TKDD dikarenakan adanya penurunan pada penerimaan perpajakan. Sehingga, dirinya dirasa perlu untuk melakukan penyesuaian pada pos-pos anggaran yang kurang dirasakan langsung dan dialihkan untuk penganan virus corona.

Sri Mulyani menambahkan, pemotongan anggaran ini hanya bersifat sementara. Sebab, pada tahun depan, anggaran TKDD akan tetap sama dan tidak ada pemotongan.

"Untuk 2021 sebenarnya saya agak koreksi pertanyaannya. 2021 TKDD-nya tidak menurun. 2020 yang mengalami penurunan. Ini karena memang kita melakukan apa yang disebut adjusment akibat adanya penurunan penerimaan pajak kita," kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Muyani, dalam pemotongan TKDD juga akan dilakukan dengan hati-hati. Mengingat, ada beberapa daerah yang memiliki kapasitas fiskal yang mumpuni.

"Seperti tadi disebut ada yang memiliki kapasitas fiskal bagus dan ada yang sangat kecil. Tentu kita akan adjust pemotongan berdasarkan kapasitas masing-masing," ucap Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini