Pemerintah Siapkan Rp22 Triliun untuk BLT Masyarakat di Desa

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 320 2199176 pemerintah-siapkan-rp22-triliun-untuk-blt-masyarakat-di-desa-h5EV6OrpBQ.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), berencana untuk realokasi anggaran dana desa sebesar Rp22,4 triliun. Hal itu guna masyarakat yang kena dampak virus corona atau Covid-19 di desa.

Rencana tersebut akan segera dilaksanakan dengan terbitnya Peraturan Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi (Permendesa) Nomor 6 Tahun 2020 yang menggantikan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melalui aturan baru itu, pemerintah mengalokasikan sebagian dari anggaran dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada keluarga miskin.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Bansos Corona Jangan Hanya Omong Saja

"Hal itu sesuai arahan Presiden Jokowi agar seluruh masyarakat mendapatkan fasilitas dan mendapatkan perhatian dari pemerintah. Maka itu, dana desa yang akan terpakai sebesar Rp22 triliun dari Rp72 triliun pada tahun ini," ujar dia pada telekonfrensi, Selasa (14/4/2020).

Kemudian, lanjut dia, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebesar Rp600.000/keluarga selama tiga bulan. Maka total uang yang diterima sebesar Rp1,8 juta dan akan diberikan kepada kurang lebih 12 juta keluarga penerima di desa.

"BLT akan disalurkan kepada empat jenis kepala keluarga, yaitu, kelompok miskin, belum terdaftar kelompok miskin, kehilangan pekerjaan akibat virus corona, dan belum mendapatkan bantuan dari program lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau penerima kartu pra kerja," ungkap dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini