Mudik Dilarang, Pemerintah Mulai Lakukan Persiapan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 320 2202418 mudik-dilarang-pemerintah-mulai-lakukan-persiapan-m8SH9nXw2W.jpeg Penjagaan PSBB (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melarang pulang kampung alias mudik pada musim Lebaran 2020. Pemerintah pun tengah menyusun langkah selanjutnya untuk pelarangan mudik ini.

"Persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini disiapkan," jelas Presiden dalam telekonferensi, Selasa (21/4/2020).

 Baca juga: Skenario Jika Mudik Dilarang, Tol Ditutup hingga Semua Angkutan Tidak Beroperasi

Dia memaparkan, dari hasil survei yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 24% responden tetap menginginkan untuk mudik. Menurut Presiden, angka ini masih sangat besar dan perlu diantisipasi.

"Dari hasil kajian-kajian di lapangan, pendalaman di lapngan, kemudian dari hasil survei Kemenhub disampaikan yang tidak mudik 68%, yang masih bersikeras mudik 24%, yang sudah mudik 7%, artinya masih ada angka sangat besar, 24% tadi," sebut dia.

 Baca juga: Banyak Kepala Daerah Turun Tangan, Larangan Mudik Kembali Mencuat

Selain itu, dia melanjutkan, bantuan sosial juga sudah mulai dilaksanakan. Pembagian sembako sudah dilakukan di Jabodetabek. Pekan ini, bansos tunai sudah akan dikerjakan.

"Dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan, setelah larangan mudik bagi ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN sudah dilakukan minggu lalu, pada rapat hari ini, saya menyampaikan bahwa mudik semuanya kita larang," jelas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini