Presiden Jokowi Heran Harga Gabah Turun tapi Beras Mahal: Yang Untung Siapa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 320 2202472 presiden-jokowi-heran-harga-gabah-turun-tapi-beras-mahal-yang-untung-siapa-1IuvtFXV1N.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Jokowi menyoroti harga jual beras yang mengalami kenaikan. Hal ini dia sampaikan dalam Rapat Terbatas (Ratas) Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok.

Baca juga: Di Tengah PSBB, Presiden Jokowi Minta Pasokan Pangan Cukup Jelang Ramadan

Menurut hasil pantauan Presiden, harga gabah kering di lapangan mengalami penurunan sebesar 5%. Namun nyatanya, harga jual beras masih mengalami kenaikan. Jokowi menyebut harga beras tercatat naik 0,4%.

Presiden Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna 

“Ini ada apa? tolong dilihat betul lapangannya, lapangannya dicek betul. Ini pasti ada masalah,” kata Presiden Jokowi dalam telekonferensi, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: Ada PSBB, Ini Cara Belanja Kebutuhan dengan Aman

Menurut Kepala Negara, seharusnya jika harga gabah turun harga beras juga ikut turun. Dia meminta kepada Kemendag untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok di lapangan.

“Kalau harga gabah kering giling turun, mestinya harga berasnya juga ikut turun. Ini petaninya enggak dapat untung, harga berasnya naik, masyarakatnya dirugikan. ini yang untung siapa dicari,” tegas Presiden.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini