Sosok Kartini di Mata Menperin

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 320 2202819 sosok-kartini-di-mata-menperin-6kAdHHACj2.jpg Menperin Agus Gumiwang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hari ini perempuan-perempuan di Indonesia sedang merayakan Hari Kartini. Semangat Kartini pun dirasakan dalam meteri Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang menyebut, ada beberapa sosok perempuan dalam jajaran kabinet yang dilihatnya sebagai Kartini modern. Kartini modern selalu mengedepankan prinsip hidup berjuang untuk good cost.

"Tetapi yang paling penting bagi saya, saya melihat ibu saya juga seperti seorang sosok Kartini di luar para wanita yang juga menjadi pionner atau champion di lingkungan masing-masing," ujar dia pada telekonfrensi di Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Baca Juga: Sambut Hari Kartini, 48% CFO di Indonesia Adalah Wanita

Dia menjelaskan Kartini modern itu baik di politik, jurnalis, atau di pemerintahan dan lain sebagainya. Maka itu agak memilih figur perempuan seperti sosok Kartini.

"Saya banyak sekali menganggumi perempuan-perempuan yang betul-betul berjuang. Kita lihat contohnya, betapa beratnya tekanan yang sekarang kita hadapi bersama. Nah, dalam pemerintahan ada sosok Kartini, seperti Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ibu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, Menkeu dan Menlu sekarang megang peranan penting menangani kondisi saat ini. "Model-model perempuan seperti itu jadi role model bagi saya," tandas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini