6 Proyek Tol dan Jembatan Ditawarkan ke Investor, Nilainya Rp80,2 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 320 2207157 6-proyek-tol-dan-jembatan-ditawarkan-ke-investor-nilainya-rp80-2-triliun-ItVRpfzT7E.jpg Proyek Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - Pemerintah menggelar penjajakan minat pasar (market sounding) untuk 6 proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Bila ditotal secara keseluruhan ke-6 proyek tersebut memiliki nilai Rp80,2 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan proyek yang ditawarkan dalam market sounding memiliki nilai ekonomis yang baik.

"Kita melaksanan market sounding 6 proyek. Ada beberapa proyek yang cukup punya nlai ekonomis yang baik," ujarnya, dalam telekonferensi, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga: Menteri Basuki "Kesal" Proyek Sudah Market Sounding Masih Berstatus Proposal

Seperti Tol Akses ke Pelabuhan Patimban, Basuki menilai, proyek ini akan memiliki nilai ekonomis dan menguntungkan karena menjadi akses jalan ke Pelabuhan Patimban yang segera akan menjadi pelabuhan kargo utamanya untuk ekspor mobil.

Kemudian, Tol Akses Patimban juga terhubung dengan Tol Cipali dan jalan akses nasional non tol yang juga dihubungkan ke Patimban.

"Jadi akses jalan nasional itu dibuat ada jalan non tol, nah dari situ yang kita lakukan market sounding. Ini tidak hanya Patimban, tapi melayanani sepanjang akses Patimban, di mana akan muncul kawasan industri baru. Makanya kita pilih trase itu karena sudah ada calon untuk kawasan industri baru," ujarnya.

Berikut proyek dalam market sounding proyek KPBU pada hari ini:

1. Jalan Tol Semanan-Balaraja Rp15,5 triliun dengan status sudah siap untuk dilelangkan

2. Tol Layang Cikunir-Ulujami Rp21,5 triliun, dengan status saat ini dalam tahap riview dokumen lelang

3. Tol Sentul Selatan-Kerawang Barat Rp15,3 triliun, dalam riview dokumen lelang

4. Tol Akses Patimban Rp7,5 triliun, dalam tahap penyususnan dokumen lelang

5. Tol Semarang-Harbour Rp11,7 triliun, saat ini dalam tahap evaluasi dokumen pra-studi kelayakan

6. Jembatan Batam-Bintan Rp8,7 triliun, saat ini dalam penyusunan dokumen pra-studi kelayakan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini