Mudik Dilarang, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Berhenti Beroperasi

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 320 2207824 mudik-dilarang-pelabuhan-ketapang-banyuwangi-berhenti-beroperasi-OJk4BBUrbY.jpg Pelabuhan Ketapang Ditutup Sementara. (Foto: Okezone.com)

BANYUWANGI - Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dipastikan berhenti melayani penyeberangan bagi pemudik imbas adanya larangan mudik guna mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, Fahmi Alweni mengatakan, penutupan Pelabuhan Ketapang sebagai upaya mendukung memutus mata rantai penyebaran corona di Jawa dan Bali.

"Ini bentuk dukungan kami dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jawa dan Bali," ucap Fahmi Alweni melalui rilis yang diterima okezone, Jumat (1/5/2020).

Baca Juga: Mudik Tetap Dilarang, Kemenhub Akan Keluarkan SE Berpergian untuk Kepentingan Mendesak

Adapun layanan yang dihentikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, lanjut Fahmi, meliputi penumpang pejalan kaki, pengendara sepeda motor, kendaraan roda empat, dan kendaraan angkutan penumpang lainnya seperti bus dan minibus.

"Memang benar, sejak pukul 00.00 hari ini kami tidak melayani penyeberangan bagi para pemudik. Mereka yang menggunakan mobil pribadi, motor, pejalan kaki, minibus dan bus yang membawa penumpang tidak kami layani, tidak boleh menyeberang," bebernya kembali.

Penghentian layanan ini disebut Fahmi, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 25 tahun 2020 dan Surat Bupati Banyuwangi Nomor 500/2378/429.108/2020 perihal pengoperasian angkutan penyeberangan Ketapang - Gilimanuk.

Serta surat Gubernur Bali nomor 551/3222/ Dishub tanggal 30 April 2020 mengenai pengendalian pintu masuk Bali melalui pelabuhan penyeberangan.

"Kami selaku operator mematuhi aturan pemerintah pusat. Kemarin pak Bupati Banyuwangi mengirimkan surat terkait dengan pelarangan penumpang yang menyeberang ke Jawa," terangnya.

Pihaknya juga menghentikan penjualan tiket melalui online pada web reservation ferizy, bagi penumpang pejalan kaki dan kendaraan angkutan penumpang di lintas Ketapang - Gilimanuk.

Namun meski ada penutupan layanan penyeberangan bagi pemudik, operator Pelabuhan Ketapang tetap membuka akses bagi kendaraan logistik dan barang.

"Meski ada penutupan penyeberangan bagi pemudik, pengecualian bagi kendaraan logistik dan kendaraan barang yang masih kami layani," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini