Ekonomi RI Cuma Tumbuh 2,97%, Menko Airlangga: Masih Positif

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 20 2209543 ekonomi-ri-cuma-tumbuh-2-97-menko-airlangga-masih-positif-Tdcp4GfgOd.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 hanya 2,97%.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sebesar 2,97% terbilang cukup baik. Sebab, pertumbuhan ekonomi tersebut dicapai di tengah pandemi Covid-19.

"Seperti yang diperkirakan akibat pandemi ini, kita masih positif di kuartal pertama, 2,97% dan kita memproyeksikan di APBNP 2020 itu sekitar 2,3%," ujar Airlangga usai rapat bersama Presiden Jokowi secara virtual, Selasa (5/5/2020).

Baca Juga: Ekonomi Cuma Tumbuh 2,97%, Bos OJK: Yang Perlu Dipikirkan Bagaimana Masyarakat Bisa Makan

Kemudian, lanjut dia, pihaknya ingin pertumbuhan ekonomi di Indonesia harus terus terjaga. Di mana dari segi konsumsi Indonesia kini turun 2,8%.

"Sementara itu, segi pembentukan modal maupun ekspor-impor Indonesia turun. Penurunan impor disebut mencapai minus 2,19%," ungkap dia.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi RI Hanya 2,97%, BPS: Semua Sektor Melambat

Dia juga menjelaskan, ekonomi Indonesia akan dipengaruhi demand shock akibat wabah Covid-19. Apalagi di kuartal kedua ini pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memotong penyebaran dari pandemi tersebut.

"Dari pemotongan ini dari segi kesehatan siklus yang terjadi tidak terjadi akselerasi bahkan beberapa perkiraan mengatakan bahwa di bulan Mei akan ada flattening off. Sehingga, kami mempersiapkan exit strategy dari pandemi ini, agar masalah di kesehatan tidak merembet ke sektor-sektor lain," pungkas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini