Ternyata Begini Proses Pengecekan Dokumen Calon Penumpang di Bandara Sebelum Terbang

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 320 2214038 ternyata-begini-proses-pengecekan-dokumen-calon-penumpang-di-bandara-sebelum-terbang-A9S002Af7c.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Imbas dari pengecekan di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terjadi antrean calon penumpang. Hal ini tentu melanggar aturan PSBB yang sudah ditetapkan dalam pelonggaran moda transportasi.

Baca Juga: Heboh Antrean Penumpang di Bandara Soetta, AP II: Sudah Tak Ada Lagi

Pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check in.

"Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ada di posko pemeriksaan,” kata Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: 13 Penerbangan Bikin Antrean Penumpang di Bandara Soetta

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Saat ini sudah tidak ada antrean lagi di Terminal 2. Kami selalu berupaya untuk menjaga physical distancing di setiap area. Penerapan physical distancing di Soekarno-Hatta juga akan dievaluasi berkala melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis,” ujar Febri Toga

.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini