Fenomena New Normal, Produk UMKM Bakal Dijual Online

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 320 2214151 fenomena-new-normal-produk-umkm-bakal-dijual-online-HgLJDYuElI.jpg E-Commerce (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai akan ada perubahan pola bisnis yang terjadi akibat virus corona ini. Nantinya, para pengusaha akan lebih sering melakukan aktivitas lewat platform digital.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan pandemi corona ini mencitpakan kondisi yang dinamakan new normal. Dalam kondisi ini, produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diyakini akan lebih banyak menggunakan platform digital dalam memasarkan produknya.

"Jadi kehidupan new normal ini akan lebih banyak melakukan pemasaran produk UMKM dengan platform digital," ujarnya dalam acara Peluncuran Gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Kamis (14/5/2020).

Menurut Agus, di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat cukup bergantung pada toko online. Bahkan ketika virus Corona sudah dapat diatasi akan ada normal baru (new normal), yang mana e-commerce akan menjadi primadona.

"Kalau menurut pandangan kami, adanya new normal nanti tetap akan membuat pemasaran yang menggunakan digital platform ini tetap menjadi idola. Interaksi antara supplier dan pembeli itu tetap dilakukan melalui e-commerce," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Agus, dirinya meminta agara perusahaan e-commerce menjamin keamanan data para pedagang dan konsumen yang bertransaksi melalui toko online. Jangan adalagi kasus data konsumen maupun pembeli yang disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

"Saya ingin berpesan saja agar keamanan dari data-data nanti dari IKM-nya (industri kecil dan menengah) atau UKM-nya (usaha kecil dan menengah), dari konsumen atau pembelinya itu juga betul-betul dijaga," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini