Starbucks Minta Keringanan Bayar Sewa Gerai

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 320 2214473 starbucks-minta-keringanan-bayar-sewa-gerai-j7HBAYQH4d.jpg Starbucks (Foto: Reuters)

JAKARTA - Starbucks mengirim sepucuk surat kepada pihak penyewa. Dalam surat tersebut Starbucks meminta keringanan dalam membayar sewa untuk tahun berikutnya karena adanya pandemi Virus Corona.

Dalam surat tersebut menyatakan, Starbucks meminta keringanan berupa per 1 Juni hingga 12 bulan ke depan untuk melakukan 'istirahat'. Starbucks membutuhkan perubahan untuk persyaratan sewa dan sewa dasar.

Baca Juga: Kisah Shaquille yang Pernah Mentertawakan Bos Starbucks

Permintaan salah satu jaringan gerai kopi terbesar di dunia cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini Starbucks merupakan salah satu ritel yang kuat. Namun adanya Covid-19, membuat penjualan menurun tajam.

Adalah Seattle Times yang pertama kali melaporkan permintaan Starbucks untuk keringanan sewa.

CFO Starbucks Pat Grismer mengatakan kepada analis pada akhir April bahwa perusahaan tetap membayar sewa, tetapi dia menambahkan bahwa perusahaan sedang mengejar alokasi untuk sewa.

Starbucks

"Kami sedang melakukan pembicaraan berkelanjutan dengan pihak penyewa kami di berbagai pasar, mengenai apa yang mungkin merupakan konsesi sewaan yang wajar secara komersial di lingkungan saat ini," kata Grismer, seperti dikutip dari CNBC.com, Jumat (15/5/2020).

Perusahaan memperkirakan kehilangan USD915 juta dalam penjualan selama kuartal kedua 2020, karena penutupan toko, mengurangi jam operasi dan adanya lockdown. Starbucks mengakui penghasilannya telah berkurang karena mengutamakan pembayaran barista, biaya keamanan barang-barang di toko. Namun hingga berita ini diturunkan, Starbucks menolak untuk berkomentar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini