Menko Luhut: RI Siap Tampung Relokasi Pabrik AS di China

Jum'at 15 Mei 2020 13:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 15 320 2214569 menko-luhut-ri-siap-tampung-relokasi-pabrik-china-dari-as-3pKaPdwJaa.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, Indonesia siap menampung jika Amerika merelokasi sejumlah pabrik dari China. Perang dagang antara Amerika-China beberapa tahun terakhir menjadi pemicu sejumlah perusahaan Amerika mempertimbangkan untuk memindahkan rantai pasokan dan produksi dari China.

Ditambah lagi anggapan AS bahwa pandemi virus corona bermula dari kota Wuhan di bagian tengah China akhir 2019 lalu. Kantor berita Reuters awal Mei lalu mengutip pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Pertumbuhan Ekonomi, Energi dan Lingkungan Hidup Keith Krach.

Baca Juga: Soal Perang Tarif dengan AS, China Ngadu ke WTO

“Dalam beberapa tahun terakhir memang sudah berupaya mengurangi ketergantungan rantai pasokan pada China, tetapi kini kita melipatgandakan inisiatif itu,” kata dia dilansir dari VOA, Jumat (15/5/2020).

Ditambahkannya bahwa Departemen Luar Negeri, Departemen Perdagangan dan badan-badan lain sedang berupaya mendorong relokasi dari China, antara lain dengan menawarkan insentif pajak dan subsidi untuk mendukung hal itu.

Baca Juga: Menperin Sebut Banyak Negara Perang Dagang Alat Kesehatan Akibat Corona

“Jika Amerika merelokasi industri dari China, kita siap tampung,” kata Luhut. Industri farmasi adalah salah satu yang dilirik Indonesia, meskipun tetap membuka diri pada industri lainnya.

“Kami sudah siapkan tempat di Jawa Tengah, tepatnya di Brebes, tapi ada pemikiran untuk menyediakan tempat lain, tergantung industrinya. Jika farmasi, kita siapkan di Brebes, Jawa Tengah,” tukasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini