Imbas Covid-19, BKPM Cari Investasi yang Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 320 2214983 imbas-covid-19-bkpm-cari-investasi-yang-bisa-ciptakan-lapangan-kerja-XGqNWAUS3A.jpg Dampak Covid-19 pada Investasi RI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan kondisi pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk tidak lagi mengandalkan sektor-sektor yang sebelumnya menjadi primadona. Sektor yang menjadi prioritas investasi yaitu manufaktur, hilirisasi, dan alat kesehatan.

"Kita dorong sektor yang menciptakan lapangan pekerjaan," ujar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dalam keterangannya, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga: Kepala BKPM Ajukan Relaksasi untuk Investasi dari Dalam dan Luar Negeri

Menurut Bahlil, dalam situasi seperti saat ini, sekecil apapun investasi, akan memiliki dampak positif bagi penciptaan lapangan kerja.

"BKPM akan terus mendukung investasi besar atau kecil. Wabah ini memang membuat kita lesu, tapi tetap ada harapan. Kita harus optimis dan kerja keras untuk bangkit kembali," ucap Bahlil.

Baca Juga: Penanganan Covid-19 Terkendala Transportasi, Kepala BKPM: Mudah-mudahan Garuda Bisa Bantu

Turunnya perekonomian dunia akibat adanya Covid-19 ini juga berdampak pada Indonesia. Realisasi investasi di triwulan I 2020 yang cukup baik, diyakini akan mengalami penurunan pada triwulan II.

“Wabah Covid-19 ini berdampak sistemik, masif, dan terstruktur terhadap investasi di Indonesia. Sehingga perlu adanya inovasi strategi serta perlu dilakukan evaluasi terhadap target realisasi tahun ini," ujar Bahlil.

Adapun strategi yang disiapkan BKPM dalam mempertahankan iklim investasi di tengah pandemi Covid-19 adalah fokus pada fasilitasi perusahaan yang sudah beroperasi dan yang belum tereksekusi, mendatangkan investasi baru serta memberikan insentif bagi perusahaan yang sudah beroperasi dan akan melakukan ekspansi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini