Fakta Gedung Jadul Sarinah hingga Hebohnya McDonald's

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 320 2215144 fakta-gedung-jadul-sarinah-hingga-hebohnya-mcdonald-s-Bak03ijL1v.jpg Gedung Sarinah Direnovasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gedung Sarinah jadi sorotan publik, berawal dari ramainya 'pengusiran' tenant asing dengan alasan akan direnovasi. Kabarnya Sarinah akan dijadikan sebagai pusatnya produk lokal.

Keluarnya McDonald's dari Sarinah yang menjadi perhatian masyarakat. Sebab, ini merupakan gerai pertama makanan cepat saji tersebut dan banyak kenangan di dalamnya.

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik soal ramainya McDonald's dan Gedung Sarinah, Minggu (16/5/2020):

1. McD Tutup 10 Mei

Gerai makanan cepat saji, McDonald's menyatakan tidak akan kembali membuka tokonya di Sarinah. Hal ini atas permintaan manajemen Sarinah.

Sebagai informasi, Gerai McDonald's di Sarinah akan ditutup per 10 Mei 2020. Gerai tersebut merupakan yang paling ikonik karena paling tua dan berada di jantung Ibu Kota.

"Kami belum ada rencana untuk kembali ke Sarinah, per 10 Mei 2020 akan tutup secara permanen atas permintaan manajemen Sarinah," ujar Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka saat dihubungi Okezone.

2. McD Ungkap Alasan Penutupan

Setelah menempati salah satu sudut pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta dan menjadi salah satu ikon bersejarah di Jakarta selama hampir 30 tahun, McDonald’s Indonesia terpaksa harus menutup restoran pertamanya di Indonesia tersebut.

Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada hari Jumat, 1 Mei 2020. Manajemen gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

3. 34 Tenant Lain Diminta Kosongkan Lapak

Manajemen Sarinah memastikan ada 34 tenant yang akan kena "usir" sementara dari pusat perbelanjaan. Salah satu tenant yang terkena 'usir' sementara adalah Mc Donald.

Direktur PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati mengatakan, nantinya para tenant ini akan diberikan waktu hingga Mei 2020 untuk "angkat kaki" sementara. Sebab, proses peremajaan gedung akan mulai dilakukan pada awal Juni.

"Pemugaran akan dimulai awal juni sehingga Para Tenant diberikan Waktu pengosongan sampai akhir Mei 2020," ujarnya kepada Okezone.

4. Katanya Sarinah Mau Jadi Etalase Produk Indonesia

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan bahwa Sarinah akan direnovasi menjadi pusat UKM Indonesia. Di mana, akan menampilkan berbagai macam kerajinan hingga kuliner Indonesia.

"Sarinah harus mampu jadi etalase utama bagi produk kreatif indon terutamaUKM," ujarnya.

5. Sarinah Jadul Banget

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, kondisi gedung perbelanjaan milik BUMN yakni PT Sarinah (Persero) itu sudah kuno atau tidak layak

"(Gedung Sarinah), jadul banget enggak jauh beda sama di Rawa Bening lah (Pasar Rawa Bening). Tempat pajangannya kalau diangkat jatuh ke kepala itu," ujar Teten di Gedung Smesco Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Untuk itu, Teten bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan memperbaiki Gedung Sarinah pada Juni 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini