Mendag Ungkap Penyebab Harga Gula Mahal, dari PSBB hingga Impor Telat

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 17 320 2215428 mendag-ungkap-penyebab-harga-gula-mahal-dari-psbb-hingga-impor-telat-LOntGejCJ9.jpg Mendag Agus Suparmanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan, beberapa masalah yang menyebabkan harga gula sempat naik tinggi yang membuat Presiden Jokowi geram.

Baca Juga: Mendag Jamin Harga Gula Rp12.500/Kg Sebelum Lebaran

Harga gula saat ini masih di atas harga HET Rp12.500 per kg. Para pedagangn masih menjual harga gula di level Rp17.000 per kg.

"Ini akibat terganggunya jalur distribusi, mundurnya jadwal pengapalan impor karena penetapan lockdown sejumlah negara yang terkena pandemi COVID-19 serta diberlakukannya pembatasan pergerakan hingga adanya jadwal penggilingan tebu yang tertunda," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Harga Mahal, Presiden Jokowi: Gula Pasir Sampai Saat Ini Masih Saya Kejar

Kendati demikian, Mendag Agus berjanji mulai hari ini seluruh provinsi akan diguyur pasokan gula langsung ke pedagang, baik di pasar rakyat maupun di ritel modern. Masyarakat juga tidak perlu khawatir karena stok gula juga dalam kondisi cukup dan dengan harga yang terjangkau.

“Operasi Pasar Gula ini akan dilakukan ke seluruh provinsi mulai hari ini hingga menjelang Lebaran. Saya menjamin stoknya ada dan dalam jumlah yang cukup serta harga sesuai HET Rp12.500,” kata Mendag Agus.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini