nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dolar Melemah Terhajar Perkasanya Euro

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 21 278 2217402 dolar-melemah-terhajar-perkasanya-euro-Y4pObUZdTI.jpg Dolar dan euro (Reuters)

NEW YORK - Mata uang Amerika Serikat, dolar anjlok ke level terendah sejak dua pekan terakhir. Kejatuhan tersebut dikarenakan Euro menikmati proposal stimulus ekonomi Eropa di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

Dolar AS yang biasanya menarik bagi investor, kali ini ditutup lebih lemah. Dikarenakan para pelaku pasar tampak bertaruh pada harapan pemulihan ekonomi yang kuat dari kemerosotan yang disebabkan oleh virus Corona.

 Baca juga: Euro Perkasa Berhasil Tekan Dolar AS

Melansir Reuters, Jakarta, Kamis (21/5/2020), indeks Mata Uang Dolar AS terhadap enam mata uang utama, turun 0,42% pada 99,138. Dolar Aussie yang sensitif terhadap risiko malah naik 0,98% ke level tertinggi 10 minggu terhadap mata uang AS.

Sterling turun 0,14% terhadap dolar AS setelah data menunjukkan inflasi Inggris turun menjadi 0,8% pada April. Di mana, inflasi tersebut terendah dalam hampir empat tahun.

 Baca juga: Indeks Dolar AS Melemah Seiring Meningkatnya Risiko Covid-19

Prancis dan Jerman telah mengusulkan Dana Pemulihan 500 miliar euro (USD543 miliar) untuk menawarkan bantuan hibah kepada daerah-daerah yang paling terpukul akan virus Corona. Euro juga mendapatkan kekuatan dari data survei yang menunjukkan sentimen investor Jerman meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Mei.

"Euro menantang tertinggi kemarin vs dolar serta puncak utama yang dicapai pada awal Mei dan April," kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions di Washington.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini