nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Minyak Mentah Pecah Rekor, Ada Sinyal Pengetatan Pasokan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 08:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2217787 harga-minyak-dunia-naik-ada-sinyal-pengetatan-pasokan-25pCTDc2Zb.jpg Kilang Minyak (Reuters)

JAKARTA - Harga minyak dunia naik pada perdagangan kemarin. Harga minyak memperpanjang kenaikan di tengah tanda-tanda perlambatan pasokan dan harapan kenaikan permintaan minyak mentah.

Intermediate West Texas untuk pengiriman Juli naik USD0,43 menjadi USD33,92 per barel di New York Mercantile Exchange. Menurut Dow Jones Market Data, harga minyak kali ini menyentuh level tertinggi sejak 10 Maret.

Baca juga: Harga Minyak Naik Ditopang Simulus Ekonomi AS Jilid II Lawan Corona

Benchmark global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli naik USD0,31 menjadi ditutup pada USD36,06 per barel di London ICE Futures Exchange, dilansir dari Xinhua, Jumat (22/5/2020).

Kekhawatiran atas kelebihan pasokan mereda setelah pemotongan produksi yang dipimpin OPEC dan persediaan minyak mentah AS yang lebih rendah.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, sepakat untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari untuk Mei dan Juni.

Baca juga: Harga Minyak Mentah RI Dipatok USD20,6/Barel

Persediaan minyak mentah AS turun 5 juta barel selama pekan yang berakhir 15 Mei, Administrasi Informasi Energi AS melaporkan pada hari Rabu. Analis yang disurvei oleh S&P Global Platts memperkirakan kenaikan 2,4 juta barel.

Investor juga menjadi harapan pemulihan permintaan karena lebih banyak ekonomi mulai melonggarkan pembatasan penguncian yang terkait virus corona.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini