nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bijakkah Menggunakan Kartu Kredit di Tengah Pandemi Covid-19?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 17:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2218208 bijakkah-menggunakan-kartu-kredit-di-tengah-pandemi-covid-19-zV4Y1EFZ9H.jpg Kartu kredit (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Keterpurukan ekonomi semakin terasa karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung berhenti. Penghasilan pun terasa tidak pasti, karena sewaktu-waktu perusahaan bisa saja berhenti beroperasi.

Kendati demikian, penyesuaian gaya hidup pun wajib dilakukan. Terlebih untuk mereka yang memiliki kartu kredit.

Kebiasaan shopping menggunakan kartu kredit pun perlu dibatasi. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi pelonjakan tagihan sementara pendapatan kemungkinan berkurang.

 kartu kredit

Pakar Keuangan Agustina Fitria mengatakan, sebenarnya tidak disarankan untuk menggunakan kartu kredit di masa sulit seperti ini. Terlebih untuk pengguna yang tidak disiplin.

 Baca juga: Mulai Hari Ini, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Minimum Jadi 5%

"Lebih baik kartu debit saja yang dipakai. Jadi kita benar-benar bisa memonitor penggunaannya karena langsung mengurangi saldo," papar Fitria.

 Baca juga: Bunga Kartu Kredit Turun Jadi 2% Mulai Hari Ini

Fitria menegaskan, bagi pengguna kartu kredit yang tidak disiplin, terlebih saat ini penghasilannya menurun atau bahkan sudah tidak memiliki penghasilan, tentu akan kesulitan bayar ketika jatuh tempo.

"Apalagi bagi yang penghasilannya menurun atau stop. Karena belum tentu bisa bayar saat jatuh tempo," tutur Fitria.

Alih-alih menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan yang kurang penting, Fitria menyarankan agar sebaiknya kartu sakti tersebut digunakan untuk membeli bahan makanan.

"Lebih baik kartu kredit digunakan untuk beli bahan-bahan makanan yang diolah lalu dijual dan mendatangkan penghasilan," jelas Fitria.

"Intinya, untuk modal usaha yang memang barang atu jasa yang dihasilkan bisa memberi pemasukan sehingga saat jatuh tempo kartu kredit bisa dibayar, dan profit usahanya bisa digunakan untuk biaya hidup," tandasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini